ARTIKEL

Berita ini bukan untuk menakut-nakuti, tetapi seharusnya menjadi sebuah peringatan bagi kita semua yang memiliki anak kecil.

Mungkin kita baru pernah mendengar, bahwa balon ulang tahun ternyata dapat menjadi mainan anak yang berbahaya

Kejadian ini terjadi di hari ulang tahun Mike McGloghlon, seorang bocah yang tinggal di Ontario, Amerika Serikat.

Setelah semua tamu pulang, meja dan peralatan makan dibersihkan, Mike masuk ke kamar adik perempuannya yang berusia 8 tahun.

Namun, apa yang ia temukan sangat memilukan hati. Jaina, begitulah nama adik Mike, terbujur tanpa nafas di tempat tidur dengan balon ulang tahun menutupi kepalanya.

Sambil menunggu petugas medis datang, Mike memotong balon dan melakukan CPR (pemberian nafas buatan). Mereka menghabiskan waktu lama untuk mengembalikan nafas Jaina, tetapi semua itu sia-sia.

Balon ulang tahun tersebut berukuran besar, dengan tinggi sekitar 1 meter. Diduga, Jaina berusaha meniup ulang helium di dalamnya, namun yang terjadi malah sebaliknya, ia tersedot oleh balon tersebut dan mati lemas karenanya.

Ternyata, menurut Consumer Product Safety Commission USA (CPSC), balon adalah penyebab utama mati lemas di kalangan anak-anak.

IMG_3413

Bagaimana balon ulang tahun bisa membunuh anak?

Menurut dokumen  CPSC, balon dapat membunuh anak dengan 2 cara:

1. Pertama, sebagian anak meninggal saat berusaha meniup balon. Ketika ia sudah meniup dan menyiapkan nafas untuk tiupan berikutnya, balon terhisap ke dalam mulutnya dan menutupi kerongkongan.

2. Kedua, kecelakaan akibat pecahan balon pada anak-anak kecil. Ketika balon pecah, anak-anak kecil memasukkan potongan balon tersebut ke mulutnya, dan mengakibatkan jalan nafas tertutup.

CPSC menyarankan orangtua dan pengasuh tidak membiarkan anak di bawah 8 tahun bermain dengan balon yang belum ditiup tanpa pengawasan orang dewasa.

Parents, semoga informasi di atas dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk kita semua.

Referensi: aol.com

Fenomena LGBT merebak, sehingga berbicara tentang pengasuhan tepat agar anak terhindar dari LGBT menjadi menarik. Ini karena pola asuh yang baik berperan signifikan dalam mencegah LGBT. Bagaimana mencegah anak-anak  kita dari pengaruh LGBT? Berikut 7 pola asuh penyebab anak menjadi LGBT menurut Ibu Elly Risman, MPsi. ya:

1. Orangtua yang Tidak Peduli
Psikolog anak lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan, kebanyakan orangtua cuek atau abai, kurang peduli, bahkan seolah kurang ngeh terhadap anak-anak mereka, sehingga menyebabkan para anak khususnya anak laki-laki menjadi lemah dalam BMM. Yaitu lemah dalam B yaitu berfikir, lemah dalam M yaitu memilih, dan lemah dalam M yaitu Mengambil keputusan.

kesibungan-yang-memenjarakan-diri

2. Hilangnya Peran Papa
Tidak sedikit orangtua yang keliru saat mengasuh anak laki-laki. Kenapa anak laki-laki? Karena menurut penelitian, otak kiri laki-laki selalu lebih kuat dibanding otak kiri wanita. Namun, sambungan antara otak kanan dan otak kiri pada wanita lebih baik. Sehingga para lelaki sangat mudah fokus pada suatu hal berbeda dengan wanita yang mampu memikirkan banyak hal dalam satu waktu.

Anak laki-laki menjadi banyak yang salah asuh karena kurangnya sosok ayah dalam kehidupannya untuk mengembangkan otak kirinya tersebut. Para ayah biasanya sibuk mencari nafkah sehingga hanya punya waktu untuk keluarga hanya beberapa jam di malam hari dan akhir pekan, itupun kalau tidak ada proyek apa pun. Itu pun kalau Papa mau meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak.

Elly melihat, saat ini peran ayah semakin tak terlihat dalam pengasuhan anak. Zaman dahulu, para ayah selalu mengusahakan agar punya banyak waktu dengan keluarga, sebut saja ayah dari Ibu Elly Risman ini. Beliau bekerja tak jauh dari rumah sehingga beliau selalu bisa menyempatkan waktu bermain bersama anak. Semakin kesini, sosok ayah semakin hilang dan tak lain hanya sebatas pencari nafkah. Untuk itu, baik Mama dan Papa perlu meluangkan waktu agar dapat bermain dan berinteraksi dengan anak-anak.

3. Anak Lelaki Terlalu Banyak Berinteraksi dengan IBU
Karena ayah tidak hadir, maka yang mendidik si anak laki-laki ini sepenuhnya adalah si ibu. Contohnya saja begini ketika si anak laki-laki masih kecil, si anak ini dijadikan wadah curhat si ibu terhadap suami nya atau ayah dari si anak tersebut. Pada akhirnya si anak laki-laki ini akan membanding bandingkan sosok ayahnya dengan ayah-ayah yang lain.

Belum lagi ketika si anak laki-laki beranjak dewasa. Dikarenakan selalu kemana-mana sama ibu dan kurang ajakan dari si ayah. Misalnya saja ketika menemani si ibu nyalon. Kurangnya, interaksi dengan ibu membuat anak tidak punya model identifikasi untuk menjadi lelaki saja, bagaimana ia berperilaku, bersikap, dan merasa sebagai laki-laki.

IMG_5296bwquote

4. Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang AYAH
Selanjutnya si anak perempuan. Banyak sekali anak perempuan yang kekurangan pengasuhan sang ayah. Sang ayah pergi di subuh hari menitipkan uang jajan kepada si anak, pergi bekerja kemudian kembali malam hari. Banyak ayah yang mengira tugasnya hanyalah sebatas memberi nafkah untuk belajar si anak kemudian lepas tangan terhadap yang lain.

Kurangnya kasih sayang lawan jenis khususnya sang ayah kepada si anak perempuan ini meskipun hanya dari sekedar pelukan tidak sedikit yang menjadikannya pada akhirnya lebih nyaman mendapat kasih sayang dari teman atau sosok lain. Kalau teman atau sosok lainnya tidak bermasalah, tidak mengapa, tapi kalau mengalami kelainan, bisa ditebak apa yang akan terjadi pada si anak.

Bagaimana sebenarnya akibat dari peran ayah yang lepas terhadap anaknya?

Menurut beberapa penelitian atas kurangnya peran sang ayah terhadap anaknya. Hilangnya peran ayah dapat menyebabkan anak laki-laki menjadi nakal, agresif, narkoba, dan pada ujungnya seks bebas. Sementara pada anak perempuan akan berdampak depresi, dan selanjutnya seks bebas.

Ingat, peran orangtua sangat vital dalam awal terbentuknya LGBT.

5. Kurang Pemahaman AGAMA
Selanjutnya adalah kurangnya pemahaman agama, atau agama cuma sekedar lewat. Agama hanya dikenalkan lewat berbagai ritual, tidak melalui penanaman nilai-nilai dan perilaku.

6. Terlalu Bebas Menggunakan GADGET
Kemudian yang paling umum sekarang adalah para orangtua banyak yang belum begitu paham dengan gadget seperti smartpone, tablet, dan komputer.

Anak laki-laki menjadi sasaran utama dari pornografi dan narkoba. Mengapa? karena laki-laki memiliki otak kanan dominan yang lebih mudah fokus, memiliki hormon testosteron atau hormon seks yang lebih, serta penampilan fisik kemaluan yang di luar sehingga lebih mudah di stimulasi menjadikan anak laki-laki sangat mudah terserang pornografi dan narkoba. Dan para orang tua hilang kendali atas semua ini.

Anak laki-laki jaman sekarang ini sudah akil baligh di umur 11-13. Kenapa bisa begitu? Gizinya bagus, namun rangsangan seks nya juga bagus. Dapat dari mana? Dari seluruh gadget yang di berikan para orangtua dengan cuma-cuma tanpa pengawasan, dengan mudahnya memberikan gadget bahkan dengan kuota internetnya yang melimpah tanpa pengawasan sedikitpun.

Tips-Mengurangi-Kecanduan-Gadget-Pada-Anak

7. Anak Terpapar PORNOGRAFI
Semuanya berawal dari gadget, dari segala apps yang ada di dalamnya. Segala info dan hal negatif dengan mudah didapatkan anak dari gadget yang diberikan oleh orangtuanya sejak dini. Bahkan mengalahkan segala asuhan orangtuanya. Pada akhirnya orangtua hanya dijadikan sesosok penegak hukum yang dimana didepannya para anak menjadi sosok pribadi yang lain dibanding sosok pribadi aslinya di pergaulannya.

Pornografi masuk melalu mata, kemudian diolah dengan hati. Maka BMM tadi pada anak sangat penting bagi anak. Pada akhirnya merangsang dopamin, menyebabkan ketagihan, sehingga berusaha meniru bahkan mencoba.

Maka orang tua yang santai saja, merasa aman-aman saja dengan gadget dan segala hal yang diberikan kepada anaknya ini lah yang berbahaya.

Dan yang namanya pornografi itu pasti sepaket dengan LGBT. Berawal dari pornografi antar lawan jenis dan berujung pada rasa penasaran terhadap pornografi sesama jenis dan membawa kepada LGBT.

Ini video lengkap dari Ibu Elly Risman tentang LGBT

Sumber : http://www.tabloid-nakita.com/read/6378/7

Hal terbaik dari orangtua buat anak bukan hanya datang dari materi, namun juga sikap yang pehuh perhatian dan percaya pada kemampuan anak. Itu semua dapat terungkap melalui kalimat motivasi yang mungkin belum Anda katakan pada anak hari ini.

Apakah anak sedang sedih karena tugasnya mendapat nilai jelek, atau ia sedang takut jatuh waktu mau belajar naik sepeda? Kalimat motivasi terbaik ini bisa Anda pilih dan sesuaikan penggunaannya sesuai dengan situasi yang Anda hadapi.

Yuk kita introspeksi diri kita sendiri, sambil membayangkan gimana sih kira-kira reaksi anak kalau kita mengatakan kalimat motivasi di bawah ini untuknya?

Kalimat motivasi terbaik dari orangtua untuk anak

1. Selamat pagi, Sayang.
2. Kenapa harus takut? Ayo Dek, dicoba dulu.
3. Si Toni (atau nama temannya) suka lho main sama kamu. Besok-besok gantian kamu yang main ke rumahnya ya.
4. Gimana kalo kita makan apel aja? Ini juga manis kok, sama kayak permen itu.
5. Yuk diterusin nulisnya, tinggal dikit lagi dah selesai.
6. Adek kok lucu sih?
7. Coba ajak adek bayi main sama Kakak. Pasti dia ngga nangis lagi, soalnya dia pengen main sama Kakak.
8. Maaf ya Sayang. Bunda yang salah.
9. Menurutmu, mana yang paling bagus?
10. Mama suka ngeliat kamu ketawa.

11. Ibu tau Adek pasti bisa.
12. Wah, kok bisa begitu? Gimana caranya? Nanti kamu ajarin Mama ya.
13. Sekarang gambar kamu bagus lho, Kak. Lain sama dulu.
14. Dia nakal sama kamu karena dia sebenarnya pengen berteman sama kamu, tapi ngga tau gimana caranya.
15. Si Doni (atau nama temannya) nakal soalnya ngga ada yang sayang sama dia di rumah. Makanya jangan marah sama dia ya, Dek.

16. Kamu boleh bilang kalo ngga suka, Nak.
17. Kenapa sedih? Nilaimu jelek sekarang, besok belum tentu kan. Tapi kamu harus belajar lebih giat lagi, Sayang.
18. Wah, Adek hebat bisa sampe duluan. Kalah deh Mama.
19. Ngga usah takut maju di depan kelas. Teman-teman yang ngetawain kamu itu belum tentu bisa seperti kamu.
20. Lihat Dek, orang-orang semua tepuk tangan waktu Adek tampil. Itu tandanya semua suka ngeliat Adek menyanyi.
21. Mama sayang sama kamu, makanya kamu Mama marahin.
22. Nggak apa-apa, Sayang. Besok kita coba lagi ya.
23. Semua sayang sama Adek.
24. Jatuh di mana tadi? Nggak sakit kan, Kak?
25. Kalo sering latihan naik sepeda, pasti nanti cepat bisa. Ayo Mama temani.

26. Selamat bobok, Sayang.
27. Mama ngga marah kok, cuma sedih aja ngeliat kamu seperti itu.
28. Bunda bangga sekali sama kamu, meski kamu ngga juara.
29. Ibu akan maafkan kamu kali ini.
30. Adek sudah membuat Mama bahagia.

Nah Parents, mari kita katakan kalimat motivasi terbaik untuk putra-putri kita setiap hari. Manakah kalimat motivasi terbaik pilihan Anda?

Sumber: theasiaparent.com

Duduk dalam posisi bentuk huruf W, seperti yang anda lihat pada foto diatas , adalah posisi duduk yang sangat sering dijumpai pada anak-anak, dan mereka, anak-anak ini dapat menghabiskan berjam-jam duduk dengan posisi W tadi. Biasanya mereka duduk dalam posisi ini saat bermain video game atau nonton TV.

W-sit

Tahukah anda , posisi ini menyebabkan masalah yang kebanyakan orang tidak tahu dan faham akan dampak negatifnya. Selain itu, duduk seperti ini dapat menyebabkan rotasi pinggul dalam dan predisposisi, dan berkembangnya masalah ortopedi yang serius! Terlebih lagi, posisi ini juga menyebabkan deformasi otot dan kontraksi, serta pertumbuhan tulang yang tidak benar. Bahkan, setiap ortopedi profesional akan memperingatkan Anda untuk tidak membiarkan anak-anak Anda untuk duduk seperti ini.

W-sitting-handout

Dalam posisi ini, efek gravitasi melebihi pusat gravitasi tubuh dasar, sehingga otot-otot tubuh tidak dapat mempertahankan keseimbangan tubuh secara normal. Cara termudah untuk mencegah komplikasi adalah untuk mencegah duduk dalam posisi ini menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, jangan biarkan anak-anak Anda untuk duduk dalam posisi ini, tetapi mencoba dan memotivasi mereka untuk duduk dengan posisi kaki lurus (selonjor) , atau mungkin saling silang (bersila).

Hampir sebagian orang sudah tahu tentang manfaat ikan bagi kesehatan, dari menjaga kesehatan jantung sampai mencerdaskan otak manusia.

Akan tetapi pada saat kita mengkonsumsi ikan, duri yang menyangkut di tenggorokan sangatlah mengganggu. Sehingga perlu adanya informasi mengenai cara mengatasi duri ikan tersangkut di tenggorokan.

Lalu apakah yang harus Anda lakukan saat ada duri ikan nyangkut di tenggorokan?

Mengapa Ketika Tersangkut Tulang Ikan yang besar, Kita Tidak Boleh Menelan Sesuatu?

Ketika tersangkut tulang ikan, mungkin awalnya tidak terlalu dalam, palingan hanya akan sampai pada belakang lidah kita, kalau tepat waktu dibawa ke dokter, mungkin akan sangat mudah dikeluarkan. Sebaliknya, dengan cara menelan sesuatu, akan membawa tulang tersebut semakin turun ke dalam, dan melukai lapisan tenggorokan kita. Di waktu yang sama, juga akan mungkin mengantarkan tulang ikan tersebut masuk ke tenggorokan, dan akan membuat tulang semakin susah dikeluarkan. Selain itu, dibagian tenggorokan terdapat banyak pembuluh darah, dapat terluka oleh tulang ikan dan mengeluarkan banyak darah, bahkan paling parah akan sampai membuat tenggorokan kita infeksi, bernanah, dan akhirnya membahayakan jiwa kita.

1434512553161376

Anak Tersangkut Tulang Ikan, Apa Yang Harus Dilakukan Ibu?

1. Cari Dimana Letak Tulang Ikan

Buka mulut anak, gunakan senter untuk melihat letaknya. Kalau kelihatan, gunakan sumpit atau penjepit jika kamu yakin bisa menjangkau tulang tersebut. Kalau sudah tidak terlihat, mungkin bawa ke rumah sakit terdekat adalah cara paling baik, biarkan dokter yang menanganinya.

2. Tersangkut Tulang Besar

Kalau yang tersangkut adalah tulang yang besar, jangan menyuruh anakmu untuk menelan sesuatu, dan juga jangan menyuruhnya untuk muntah, harus dibawa ke klinik terdekat agar ditangani oleh dokter. Menyuruhnya untuk menelan atau muntah memungkinan tenggorokannya terluka dan menyebabkan infeksi!

Berikut beberapa cara mengatasi duri ikan yang kecil (bukan tulang besar) tersangkut di tenggorokan yang dapat menolong anda :

1. Menggumpalkan nasi dan menelannya tanpa mengunyah terlebih dahulu

Cara ini sangat sering digunakan dilingkungan sekitar kita, caranya siapkan nasi yang masih hangat lalu buatlah bola-bola nasi dengan cara dikepal-kepal, jangan terlalu kecil membuatnya, telan nasi yang sudah dikepal secara langsung tanpa harus mengunyahnya, seperti saat kamu minum obat. Kepalan nasi tersebut akan membawa duri masuk kedalam perut dan membuat tenggorokan kembali lega.

2. Menarik daun telinga

Tarik salah satu atau kedua ujung daun telinga sambil menelan makanan atau minuman untuk membantunya lepas dari tancapannya di tenggorokan kita. Mungkin cara ini aneh, tetapi Anda akan melihat keajaiban hasilnya.

3. Menggunakan air hangat dan garam

Pertama-tama siapkan secangkir air putih campurkan dengan satu sendok garam, aduk sampai larut dengan air. Berkumurlah sambil agak menelan di pangkal tenggorokan, seketika itu duri akan terlepas dari tenggorokan.

4. Menggunakan minyak goreng atau minyak kelapa

Ambillah minyak goreng atau minyak kelapa yang masih baru, kemudian oleskan pada dubur. Cara ini memang agak aneh, tapi cobalah, Anda bisa melihat manfaatnya dengan cepat.

Apabila cara di atas masih belum menolong, cara terakhir yang harus anda lakukan adalah pergi ke dokter THT terdekat, mungkin duri yang tertancap di tenggorokan kita terlalu dalam, sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang dapat mencabutnya.

5. Jus Jeruk atau Cuka

Saat tenggorokan kamu sedang tersangkut duri, minumlah jus jeruk untuk mengatasinya. Jeruk yang digunakan bisa dengan jeruk lemon ataupun jeruk lainnya, hal ini diyakini karena pada jeruk mengandung asam sitrat yang dapat melembutkan duri, sehingga duri akan mudah turun menuju perut dan melegakan tenggorokan kembali.

Rasa masam cuka memang sangat tidak enak jika dikonsumsi tanpa campuran makanan lainnya, namun cuka dapat mengatasi masalah saat tenggorokan tersangkut duri ikan. caranya dengan cara berkumur menggunakan air cuka, karena air cuka dapat melembutkan duri sehingga memudahkannya turun ke perut. Saat duri tiba diperut, tulang akan larut dalam asam lambung.

6. Telur Rebus

Telur rebus juga bisa digunakan sebaga cara untuk mendorong duri pada tenggorokan menuju perut, caranya kamu tingga mengunyah sedikit telur rebus dan langsung menelannya, ketika duri benar-benar sudah terdorong masuk, barulah minum air yang banyak.

Itulah beberapa cara mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan yang umum di masyarakat.

Tentu masih banyak cara yang lain untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi cara di atas patut Anda coba terlebih dahulu sebelum Anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sumber: Internet

Kadang-kadang kita tak menemukan kata-kata atau tindakan yang tepat untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada anak, mungkin karena kita malu atau menganggap ungkapan semacam itu tidak penting.

Tidak ada salahnya sesekali menjadi orangtua romantis, karena ungkapan sayang kita akan dikenang oleh anak selamanya dan membuat anak bahagia.

Inilah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi orangtua romantis, yang dapat membuat anak bahagia.

Katakan pada anak bahwa:

1.  Anda menyayanginya.

2. Anda menyayanginya apapun yang terjadi.

3. Anda tetap menyayanginya meski sedang marah kepadanya.

4. Anda senang bermain bersamanya, dan katakan Anda akan mengajaknya bermain bersama lagi lain waktu.

5. Anda masih ingat detik-detik menjelang kelahirannya ke dunia. Saya melakukan ini dengan mengatakan, “Dulu waktu lahir Adek tidak menangis, trus mata Adek berkedip-kedip liat Mama.”

6. Anda berterima kasih kepadanya setiap kali ia membantu Anda melakukan sesuatu, misalnya membukakan pintu untuk tamu atau mengambilkan segelas air minum untuk Anda. Hal sepele seperti ini dapat membuat anak bahagia.

Ceritakan pada Si Kecil tentang:

7. Bagaimana wajah dan tingkahnya waktu masih bayi

8. Arti namanya dan siapa yang memberinya nama itu

9. Kapan dan di mana Anda bertemu dengan ayah/ ibunya

10. Menceritakan hal-hal baik tentang ayah/ ibu mereka, kakek dan nenek atau kerabat yang dikenalnya. Menjelang tidur saya bercerita pada anak-anak tentang ayah mereka yang telah meninggal, kakek buyut mereka yang pernah ikut berjuang dalam perang kemerdekaan RI atau masa kecil saya.

11. Apa yang Anda rasakan saat itu dan mengapa Anda merasakannya

12. Rencana-rencana Anda untuk masa mendatang. Misalnya Anda ingin mengajaknya naik kereta api keliling Eropa suatu hari nanti

13. Mainan kesukaannya saat ia masih bayi

Dengarkanlah tentang:

14. Semua yang dikatakan anak saat Anda sedang bepergian bersamanya

15. Semua yang diceritakan anak tentang mainan atau game favorit mereka. Meski terdengar menggelikan, ingatlah semua baik-baik untuk membuat anak bahagia

16. Semua pertanyaan yang diajukannya, termasuk pertanyaan-pertanyaan konyol seperti, “Mengapa kambing makan rumput?” atau, “Kenapa Mama sekarang gendut?

17. Semua perkataan anak yang membuat Anda hampir naik pitam, seperti, “Aku nggak mau makan, nasinya udah basi,”(padahal Anda baru saja memasak nasi itu tadi pagi) atau, “Aku nggak mau ke rumah nenek, di sana ada hantunya.” (ketika ayah, ibu atau mertua Anda menegur mengapa Anda tak pernah mengajak cucu mereka berkunjung ke rumah)

18. Semua yang tersembunyi di balik kata-kata anak Anda. Misalnya mengapa ia berkata ada hantu di rumah nenek? Apakah ia pernah mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan di sana?

Anda sudah membuat anak bahagia dengan melakukan banyak hal bersamanya.
Anda sudah membuat anak bahagia dengan melakukan banyak hal bersamanya.

Bertanyalah kepadanya:

19. Mengapa ia menangis di sekolah?

20. Bagaimana cara memainkan game favoritnya?

21. Apa yang dirasakannya saat ini?

22. Apakah ia menyukai baju, mainan atau apapun yang Anda belikan untuknya?

23. Siapa nama tokoh kartun favoritnya?

24. Mengapa ia menyukai tokoh itu?

25. Siapa nama teman sebangkunya di sekolah?

Tunjukkan padanya:

26. Cara melipat pakaian

27. Cara melakukan sesuatu secara bersama-sama

28. Cara bersiul

29. Cara membuat pesawat atau kapal-kapalan dari kertas

30. Cara bermain layang-layang

31. Cara mencari jawaban untuk pertanyaannya. Misalnya menganjurkan anak bertanya pada ibu guru di sekolah, kakaknya, ayah/ ibunya, atau bertanya pada mbah Google (jika ia sudah bisa mengoperasikan komputer)

32. Anda mencintai ayah/ ibunya

33. Pentingnya menjaga diri sendiri. Misalnya meminta anak mengenakan pakaian yang rapi saat hendak bertamu atau bepergian

Perlakukan anak dengan:

34. Memberinya kejutan (misalnya mainan baru) yang Anda sembunyikan di kamarnya

35. Membiarkannya makan coklat atau es krim sesekali

36. Berenang atau bersepeda bersama

37. Menyajikan makan siang atau sarapan yang ditata dengan bentuk wajah tersenyum

38. Membuat suara lucu saat Anda berjalan atau mengerjakan sesuatu bersamanya

Pupuskanlah:

39. Rasa bersalah Anda karena tak bisa membelikan apa yang ia inginkan, atau karena Anda bekerja dan tak bisa menemaninya setiap saat

40. Keinginan Anda agar anak menjadi seseorang yang sempurna

Sediakan waktu untuk:

41. Berjalan-jalan bersama anak

42. Mengamati burung, kucing, pepohonan bersama anak

43. Memasak bersama anak

44. Berkebun bersama anak

45. Duduk di dekatnya saat ia sedang bermain a-mother-who-read-to-me Pastikanlah:

46. Anda menatap mata anak dengan tatapan sayang

47. Anda tersenyum kepadanya setiap kali ia mendekati Anda

48. Anak mendengarkan ketika Anda sedang menjelaskan sesuatu kepadanya

49. Anda membiarkan anak memeluk atau menggandeng tangan Anda ketika ia ingin melakukannya

50. Anda memiliki cara sendiri untuk membuat anak bahagia

Parents, cara membuat anak bahagia di atas cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan berbagi kebahagiaan dengan Si Kecil serta seluruh anggota keluarga.

Sumber: http://id.theasianparent.com

Pada era digital seperti sekarang ini, kita memang sulit lepas dari gadget. Tak terkecuali, para ibu menyusui, entah itu untuk membalas pesan atau update status di media sosial.

Konselor laktasi Muji Hananik dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta, mengatakan, seorang ibu seharusnya fokus pada bayinya saat menyusui. “Konsen kalau menyusui, jangan main handphone. Enggak boleh, ya. Kita kan harus sabar. Ajak bayi komunikasi, melakukan stimulasi,” kata Muji dalam diskusi di RS Bunda, Jakarta, Sabtu (12/9/2015).

Stimulasi kepada bayi dilakukan dengan mengajaknya berbicara, menyentuh, atau mengajak senyum. Hal-hal seperti itu dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi atau bonding. Fokus kepada bayi juga akan membuat ibu dan bayi nyaman dalam proses menyusui.

1

Hal senada dikatakan terapis hypno-breastfeeding Fonda Kuswandi. Fonda mengaku pernah mendapati ibu yang mengalami lecet pada putingnya karena digigit oleh sang buah hati saat menyusui. Ternyata, ibu tersebut saat itu menyusui sambil bermain handphone.

“Sekarang digital banget. Please, kalau lagi menyusui, jangan sambil main gadget,” kata Fonda lagi.

Ia menjelaskan, saat menyusui, bayi biasanya akan menatap ke arah mata ibu. Saat itulah terjadi kontak mata antara ibu dan bayi sehingga menjadi saat yang baik untuk berkomunikasi.

Bayangin kalau ibu ngajak bapak ngomong, tetapi bapak lagi sibuknonton Piala Dunia, nengok enggak? Enggak, kan. Rasanya sakit, kesal. Nah, itu yang dirasakan bayi juga,” kata Fonda.

Isapan bayi pada payudara ibu sangat penting untuk meningkatkan hormon prolaktin, salah satu hormon yang menghasilkan ASI. Untuk itu, perlu fokus saat menyusui dan perhatikan cara menyusui yang benar.

Tetap fokus pada bayi juga membantu Anda mengetahui apakah bayi sudah selesai menyusui atau belum, apakah bayi sudah kenyang, dan sebagainya. Hal ini tentunya dapat mendukung terlaksananya ASI eksklusif selama 6 bulan dan pemberian ASI hingga 2 tahun.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2015/09/12/171424223/Ibu.Jangan.Main.Gadget.Saat.Menyusui.

Dunia anak dan orang dewasa memang berbeda. Apa yang kita anggap sepele, tenyata dianggap luar biasa oleh mereka. Hal-hal kecil ini sebenarnya memberikan dampak yang luar biasa jika dilakukan. Kegiatan yang membangun ikatan emosi hingga kecerdasan secara holistik ini jika dilakukan secara rutin akan memberikan dampak yang luar biasa.

Apa sajakah itu? Kita simak berikut ini ya. Tips yang pastinya akan membuat anak-anak bahagia.

  1. Minta mereka membuat kalung makroni, manik-manik, atau kancing. Lalu, pakailah di depannya. Perasaan dihargai akan jerih payah akan membuat mereka bahagia. Dan perasaan ini jika terus dijaga akan membuat mereka mampu menghargai jerih payah orang lain.
  2. Berjalan-jalan berdua saja dengan masing-masing anak untuk melakukan hal yang menyenangkan. Biasanya anak memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu istimewa dan menceritakan apa saja.
  3. Menyelipkan catatan (dan sesekali sepotong cokelat) ke dalam tempat pensilnyanya. Kejutan ini akan menjadi semangat yang menceriakan hari-harinya tanpa Anda di sisinya.
  4. Mengatakan “ya” untuk sesuatu yang biasanya terlarang, seperti duduk di meja. Sesekali saja. Untuk sesuatu yang tidak berbahaya, ini juga bisa menjadi imbalan atas usaha atau kebaikan yang mereka lakukan.
  5. Tunjukan wajah bahagia dan antusias ketika bermain di taman hiburan. Mereka ingin berlibur bersama orang tua yang menyenangkan, bukan monster.
  6. Tenanglah ketika melihat kamarnya seperti kapal pecah hingga saat main selesai. Tutup pintu dan lanjutkan pekerjaan Anda. Ingat ini: kamar berantakan yang Anda lihat akan Anda rindukan nanti.
  7. Biarkan mereka sesekali mencipratkan genangan air di sepanjang jalan dan cobalah lakukan tanpa alas kaki. Keceriaan ini memang normalnya dilakukan oleh anak-anak.
  8. Buatlah bersama kartu ucapan terima kasih untuk teman-teman satu komplek. Anak-anak yang dibesarkan untuk menghargai orang lain, tumbuh menjadi manusia pengasih.
  9. Adopsilah satu hewan perliharaan. Jangan membelinya. Hewan yang diadopsi biasanya memerlukan ketelatenan untuk menjadikannya hewan lucu seperti yang ditemukan di toko hewan. Tentunya, hal ini akan menumbuhkan sikap positif dalam diri anak.
  10. Berikan kesempatan anak untuk menyelesaikan konflik dengan temannya selama situasi aman. Anak-anak perlu memiliki kesempatan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
  11. Tundalah pertanyaan jika anak Anda pulang dari sekolah marah-marah dan lelah. Kondisi lelah hanya akan menjadi membuat anak Anda menjadi orang lain.
  12. Buatlah jadwal keluarga yang bersifat rutin, seperti mencari daun, memetik stroberi, dan ke kebun binatang. Kegiatan istimewa ini akan menjadi ciri khas yang akan dengan bangganya ia ceritakan kepada semua orang.
  13. Mintalah anak Anda untuk mengingatkan jika Anda melakukan kesalahan. Ia perlu belajar bahwa semua orang pernah melakukan kesalahan dan hal ini akan menjadikannya seorang pemaaf.
  14. Biarkan putri Anda mengenakan pakaian ‘princess’-nya atau putra anda menggunakan pakaian ‘pahlawan super’-nya. Mengenali kesukaannya akan membuatnya merasa istimewa.
  15. Katakan hal yang indah tentang dirinya. Buat dirinya layak untuk tumbuh, diakui, dan merasa bahagia menjadi diri sendiri.
  16. Luangkan waktu untuk menikmati bulan purnama di luar rumah. Jadikan ia terpesona dengan ciptaan Tuhan yang hanya bisa dinikmati di malam hari bersama orang terkasihnya: Anda.
  17. Buat roti berbentuk hati untuk sarapan. Sederhana, tapi ia tahu Anda melakukan itu hanya untuknya.
  18. Gantung papan tulis di kamarnya untuk meninggalkan pesan satu sama lain. Terkadang makna lebih bisa disampaikan lewat tulisan.
  19. Memulai perang bantal atau tabur daun kering. Biarkan anak melihat jiwa anak-anak Anda yang menyenangkan.
  20. Biarkan anak Anda ketika ingin melakukan hal sendiri, seperti membuat susu sendiri atau membersihkan meja. Kepercayaan diri dan kemandirian hanya bisa tumbuh jika diberi kesempatan.

Perhatikan Foto tanaman hias diatas secara seksama dan pasti anda akan langsung sadar bahwa sering melihatnya, atau bahkan mungkin ada di pekarangan rumah. Tanaman Hias ini umum disebut sri rejeki, beras wutah, dumb cane, pisang tanah dll.  Tanaman hias biasanya di tanam di sekitar rumah untuk mempercantik dan menyejukan rumah. Namun tahukah anda ada tanaman hias, yang mungkin juga anda tanam di sekitar rumah ternyata sangat mematikan.

Tidak hanya di rumah, Tanaman Hias Dieffenbachia juga sering ditemukan di kantor-kantor pemerintah, taman dan sekolah-sekolah sebagai hiasan kerana daunnya memang terlihat bagus. Tanaman hias ini berasal dari Kenya , Rwanda dan Uganda dan akan tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Daun yang besar dan hijau menjadi daya tarik bagi  ibu untuk menanam di sekitar rumah.

Jika anda masih menyayangi anak-anak dan keluarga anda, musnahkan pohon hiasan ini segera, atau jauhkan darijangkauan anak-anak. Sekiranya anda menanam pohon di rumah, menaruhnya di ruang tamu, pastikan selepas membaca posting ini segera pindahkan pohon ini ke tempat yang jauh dari anak-anak anda.

Untuk-Para-Ibu-Jauhkan-Tanaman-Hias-Ini-Dari-Jangkauan-Anak-Anak-dan-Keluarga-Anda

Racun tanaman hias jenis ini memiliki racun pada bagian getahnya, pada bagian daun dan batang yang dapat menyebabkan gatal dan kejang bahkan jika terkena kerongkongan dapat menganggu saluran pernafasan yang berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian. Hal ini dikarnekan kandungan Kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel disebut Rafida yang bentuknya seperti jarum.

Anak-anak yang suka menggigit-gigit benda terutama yang berumur 1 sampai 3 tahun yang tidak tahu apa-apa mungkin saja memetik daun pohon hiasan ini jika anda letakkan diruang tamu atau teras depan rumah anda, jadi segera pindahkan jauh jauh.

Reaksi awal racun ketika menggigit daun tanaman ini adalah lidah anda akan membengkak dan dengan segera mengganggu pernafasan anda. Ini akan menyebabkan kematian kerana dada anda terasa sesak dan tidak dapat bernafas.

Ada sedikit cerita  tentang pengalaman salah seorang yang pernah mengalami efek dari racun tanaman tersebut.
Dulu masih kecil usia sekitar 3 tahun saya bermain dengan anak anak kecil disekitar rumah. Disitu kami bercanda tawa dan bernyanyi bersama, saat bernyanyi nyanyi bersama ada yang mengambil papan sebagai replika keybord, ada yang mengambil daun pisang, ada yang mengambil daun jati sebagai replika gitar dan dari situ muncul ide saya untuk menjadikan daun tanaman bahagia/sri rejeki sebagai replika gitar. Karena sulit untuk di potong dengan menggunakan tangan akhirnya sayapun berusaha memotongnya dengan menggunakan gigi, dalam dua kali gigitan yang cukup cepat tiba tiba lidah dan mulut saya terasa bagaikan ditusuk tusuk oleh jarum, lidah kemudian terasa kaku dan akhinya sayapun menangis sejadinya.

Sangat kebetulan waktu itu saya tidak menelan ludah sehingga racun tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Mengetahui kejadian itu orangtua saya bergegas menyuruh saya untuk berkumur dengan menggunakan air garam. Entah apakah itu obatnya atau bukan yang jelas setelah beberapa jam keadaan mulut dan lidah saya kembali berangsur angsur normal.

Demikian tadi pengalaman saya terkena racun dari tanaman ini, karena rasanya yang menyakitkan kejadian itu tidak pernah saya lupakan hingga saya dewasa dan memiliki anak.

Bagi anda para orang tua sebaiknya menjauhkan tanaman ini dari jangkauan balita anda karena meskipun indah tanaman ini mengandung racun yang berbahaya.

Getah daun dan batang Dieffenbachia mengandung kalsium oksalat yang berbentuk jarum di dalam sel-selnya dan dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah.

Meskipun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini dapat menyebabkan syok, dan walaupun langka, kematian apabila kejang mengganggu saluran pernapasan. Anak-anak dan hewan peliharaan rentan akan bahaya ini.

Sumber: internet

Berita kehamilan pastinya membawa kebahagiaan nggak hanya untuk calon ibu dan ayah tapi juga keluarga dan orang-orang terdekat yang mendengarnya. Proses kehamilan dan perkembangan janin ini seringkali memunculkan antusiasme yang berlebihan hingga berkembanglah menjadi sebuah mitos-mitos seputar kehamilan.

Banyak sekali mitos-mitos mengenai kehamilan yang beredar di masyarakat dan mungkin kamu bertanya-tanya benar nggak sih? Nih, mitos-mitos berikut ini mungkin pernah kamu dengar, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

1. Makan yang banyak, soalnya kan buat 2 orang
Mitos ini benar-benar menjebak. Menjebak karena bisa dengan mudah dipercaya sama ibu hamil karena alasannya yang masuk akal. Tapi tetap saja asupan makanan dan berat badan ibu dan janin harus dikontrol dan nggak boleh berlebihan supaya bayi nggak terlalu kecil apalagi kebesaran.

Jadi faktanya saat hamil seorang ibu harus memerhatikan nutrisi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Kebanyakan makan justru akan menambah besar ukuran dan berat badan janin sehingga bisa menyulitkan proses persalinan.

2. Bentuk perut menunjukkan jenis kelamin bayi
Ada anggapan jika wanita hamil bentuk perutnya maju atau arah perut membuncit ke atas menandakan bayi dalam kandungan adalah bayi laki-laki. Sedangkan jika bentuk perutnya melebar atau bentuk perut rendah kamu akan punya bayi perempuan.

Nyatanya bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Bentuk tubuh usia kehamilan posisi bayi di dalam rahim dan tidak berkorelasi dengan jenis kehamilan bayi.
Selain itu, nggak ada bukti akurat dari mitos ini. Jadi, bagaimanapun ukuran, bentuk, dan arah perut, yang utama adalah bayi dalam kandungan harus dijaga, dirawat, dan dikasihi.

3. Makan nanas bisa menyebabkan keguguran
Nanas dianggap dapat menyebabkan keguguran dalam kehamilan. Namun, sama seperti buah jeruk, nanas merupakan sumber serat dan vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil serta membantu memperlancar buang air besar selama kehamilan.

Does-Eating-Pineapple-Help-Induce-Labor

Seandainya terjadi gangguan pada tubuh saat mengonsumsi, mungkin saat itu kamu sedang nggak fit atau memang ada alergi terhadap buah tersebut. Jadi kesimpulannya, konsumsi nanas selama kehamilan nggak memicu terjadinya keguguran dalam kehamilan.

4. Minum air kelapa mempercepat persalinan dan membuat rambut anak jadi lebat
Sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa kamu dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan.

Sementara mitos bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat sebenarnya nggak ada korelasinya juga. Justru mengonsumsi air kelapa sebenarnya baik karena dapat membantu mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika ibu mual dan muntah selama trimester pertama.

5. Suka makanan asam berarti bayi laki-laki
Konon katanya jika ibu hamil sering “ngidam” atau sering mengonsumsi makanan asam seperti mangga muda akan melahirkan bayi laki-laki. Nanti dulu, jangan langsung percaya! Nggak ada jaminan medis apapun kok yang menyatakan bahwa “ngidam” rasa tertentu bisa menentukan jenis kelamin bayi.

6. Minum susu bayi jadi putih, minum kopi bayi jadi hitam
Minum air susu kedelai membuat kulit bayi menjadi putih, minum-minuman gelap membuat kulit bayi hitam. Hal ini sama sekali nggak benar. Warna kulit bayi bergantung dari warna kulit orangtuanya dan berkaitan dengan informasi genetik dari kedua orangtua.

Minuman yang berwarna putih atau gelap yang dikonsumsi selama kehamilan nggak akan memengaruhi warna kulit bayi. Jadi kesimpulannya hindari menelan mentah-mentah ‘Kamu adalah apa yang kamu makan’ secara harfiah.

7. Minum air es membuat janin besar
Bagi ibu hamil, minum air dengan ataupun tanpa es, sebenarnya nggak memiliki nilai gizi atau energi, sehingga nggak akan memengaruhi peningkatan berat badan ibu hamil maupun janin. Besar kecilnya bayi sangat bergantung dari asupan makanan ibu.

8. Minum kopi sebabkan tanda lahir pada bayi
Banyak masyarakat yang meyakini bahwa wanita yang sering minum kopi saat hamil akan membuat bayi memiliki tanda lahir di badannya. Tanda lahir berwarna kecoklatan pada bayi seringkali dikaitkan dengan konsumsi kopi saat kehamilan. Faktanya, meminum 1-2 cangkir kopi saat hamil nggak berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan kulit bayi yang sedang dikandung.

Theme Settings